Kamis, 11 September 2008

my poetry, just read it!

Sunday, July 06, 2008

BALADA SEORANG CLEANING SERVICE (1)
Oleh: El Zukhrufy


Aku hanya sampah!
Berteman debu,
seliweran di koridor-koridor tempat kuliahmu
daun gugur, plastik, kertas-kertas…
entah itu tugas kuliahmu yang tidak sempurna
entah itu surat cinta dari orang yang tidak kau suka
entah itu bukti pembayaran SPPmu semester lalu
entah itu ‘pelampung’ saat ujianmu…
Kau bebankan semua di pundakku
Aku kotor!
Bersanding tikus-tikus got, penuh comberan busuk!
Setiap hari, setiap saat…
Coklat, oranye dan biru…
Warna hidup yang menyapaku
Tak usah pura-pura iba kepadaku
Aku tak butuh itu!
Tak usah pedulikan aku
Aku hanya cleaning service di kampusmu…



BALADA SEORANG CLEANING SERVICE (2)


Masih ingatkah kau, sobat?
Saat kita belajar bersama
Saat kita berlarian di pematang sawah
Dapatkah kau kenang, sobat?
Saat kau terhanyut di sungai desa kita
Airnya deras hampir menenggelamkanmu
Aku segera menyelamatkanmu…
Satu detik lalu aku menyapamu dalam senyum
Namun, aku harus menelan pahit
Acuh, karena kau tak mengenalku…
Atau (mungkin) tak mau lagi mengenangku
Aku harus melihatmu berlalu, congkak!
Kau membuang sesuatu, dengan wajah penuh amarah
bukan di tempatnya, dan aku harus segera memungutnya
karena ini tugasku, nyawaku…
Aku ingin mengatakan sesuatu padamu,
Tak usah mengingat apapun tentangku, sobat…
Aku hanya cleaning service di kampusmu…


BALADA SEORANG CLEANING SERVICE (3)



Kau selalu disitu, di tempat yang sama
Aku tahu itu tempat kesukaannmu
Melihatmu duduk di ruang kuliahmu, nyaman
Dari hari ke hari
Dan aku…
Berteman peluh hingga tak mungkin kau dekati
Menyaksikanmu berjalan dengan pujaanmu,
Hatiku sesak
Namun tak mampu menyalahi takdir ini
Mata kita menyapa
Kau tersenyum manis padaku
Senyum yang tak mungkin hanya untukku
Oh… Kau memang baik, dinda…
Pada siapapun, aku tahu itu
Tapi…
Kau hanya akan remukkan hatiku…
Jangan hiraukan aku, dinda…
Sekalipun, jangan pernah!
Aku tahu aku tak layak menaruh hati padamu
Aku hanya cleaning service di kampusmu…


*Puisi ini pernah dimuat di PK Identitas Unhas
Edisi akhir Agustus 2008

Tidak ada komentar: