Kamis, 09 Juni 2011

TEKAD



Suatu hari saya menemukan seseorang yang sedang menghafal Alquran. Rupanya orang itu menghafal surah di juz 21! Subhanallah! Hal ini membuat saya sedikit berkecil hati. Saya merasa terlambat memulai ini semua. Tapi sisi lain saya berkata, bahwa masih ada kesempatan. Bukankah ini adalah motivasi dalam bentuk lain? Jika orang lain bisa, mengapa saya tidak?


Sebelum belajar Islam dengan mendalam (meskipun masih belum sempurna) seperti sekarang, saya tidak pernah membayangkan, seumur-umur, akan bisa menghafal tuntas (insyaallah) ayat-ayat Al-qur’an pada juz 30. Saat berhasil melakukannya, saya surprise luar biasa. Sungguh! Hal ini tidak pernah saya duga sebelumnya. Meskipun jauh-jauh sebelumnya, saya sangat iri pada mereka yang dikaruniai kelebihan menghafal 30 juz (bandingkan dengan saya yang hanya menghafal juz 30, menyedihkan!). Dahulu, niat menghafal Alquran biasanya karena supaya tidak hanya membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas saat shalat. Atau, menghafal karena tugas dari guru-guru Pelajaran Agama Islam di SD, SMP, SMA. Bukan karena merasa “harus” yang lain.

Dan masuklah saya (entah suka atau tidak pada awalnya, tapi kini saya menikmatinya) di dunia orang-orang yang berniat menghafal Alquran. Kami sama-sama belajar. Dari nol. Bersama orang-orang ini, saya bersyukur bisa menghafal se”banyak” ini.

Dan, ya! Saya benar-benar bisa menghafalnya. Alhamdulillah!

Lalu saya semakin menemukan kenikmatan saat berhasil menghafal ayat demi ayat. Keindahan perasaan yang tiada terkira. Saya juga heran, kenapa bisa sampai seperti itu. Perasaan ini mengantarkan saya agar tak menyerah dan maju. “Pokoknya, besok harus ada ayat lain yang saya hafalkan!” Itu tekad saya.

Sekarang, saya sedang merangkak menuju penuntasan juz 29. Pelan tapi pasti. Saya berharap, semoga Allah memberi saya waktu untuk tetap melakukan ini. Semoga tekad ini bisa saya tuntaskan.
Doakan saya.  

Program hafalan juz 29:
·         Sepekan lebih dari 20 ayat
·         1 surah dua pekan
·         Oktober 2011, masuk juz 28

Insyaallah!




2 komentar:

Nik Salsabiila mengatakan...

Oo,,my God...alhamdulillah..kutemukan seseorg yg pbah mngalami yg kualami..
Jujur,,ga sengaja tba2 aku liat postingan ini..rasanya kembali terulang gemuruhku bberapa tahun lalu...
Saat itu aku adlah seorg gadis lulusan SMA dg nilai yg sempurna tapi sangat "nakal" [dlm urusan agama]..hiks jgn dicontoh..haha
Tp ternyata kedua ortuku ga rela kalo anaknya sekedar mnjadi "sarjana" pd umumnya,,maka mrk mmasukkanku ke sebuah lembaga tahfid. Dsna aku tercengang..melihat mrk yg tlah hafal bbgai jus dn mulai ragu pd kemampuanku utk mnghafalnya...
namun kini alhamdulillah q telah mnyelesaikan tugas mnjadi tentara Allah tersebut dlm wktu !,5 thaun..shngga ortuku mmbiarkanku mngambil S1 lepas itu. Kau tau?? saat itu aku hanyalah seorg gadis biasa tanpa kemampuan baca tulis arab yg mmadai...namun tekad yg kuat akan mmbuat kita mmpu mnyelesaikan bnyak ha...
Maka untukmu yg tengah dlm proses ituu..kuberikan kata ini dengan seluruh kekuatanku.. "SEMANGAAAAAAATTTTT !!!!!!!!!!!"
Insyaallah kamu pasti bisa...^^

Muhamad Ratodi mengatakan...

subhanalloh..tekad yang luar biasa..saya turut mendoakan biar berhasil..doakan saya suapaya bisa memiliki tekad sekuat mbak..